SEBELAS TAHUN REFORMASI

Bookmark and Share
Mengenang gerakan reformasi, saya teringat Nabi Musa. Saat Musa menentang kesewenang – wenangan Fir’aun, mengadakan sebuah gerakan pembangkangan melawan kekuasaan. Banyak airmata yang tumpah, banyak darah tercecer. Memang untuk menghancurkan peradaban, harus melalui penyakit – penyakit akut yang menggerogoti peradaban tersebut laiknya rayap.

Penyakit itu akan terus melukai dan secara kontinu dan menjadi kanker bagi kehidupan peradaban itu. Pada akhirnya peradaban tersebut jatuh tersungkur. maka itulah yang harus dibuat pada masa itu. Kesewenangan, kezhaliman harus terus digerogoti. Kita perlu menjadi penyakit – penyakit bagi peradaban barbar ini. Sekecil apapun sakit yang kita buat, maka ada kontribusi perih yang bisa kita sumbangan, maka jadilah orang yang gelisah ini, jadilah penyakit bagi peradaban zhalim…

Pada 12 Mei 1998, empat mahasiswa Universitas Trisakti tewas tertembak di kampusnya saat demonstrasi. Mereka adalah Hafidhin Royan (mahasiswa Teknik Sipil), Hendriawan (Ekonomi), Elang Mulia Lesmana (Arsitektur) dan Hery Hartanto (Teknik Mesin). Kejadian itu memicu kemarahan warga. Sehari setelah itu, kerusuhan besar melanda Jakarta dan kota-kota lain.

Seolah ada kekuatan gelap yang merayap dan mengendalikan, ribuan orang menjadi begitu beringas dan angkara murka pun merajalela. Mereka menjarah dan membakar pertokoan atau pusat perbelanjaan. Juga mobil dan sepeda motor di jalan raya. Banyak orang tewas terpanggang. Aparat keamanan menghilang. Api dan asap dimana-mana.

Akhirnya, situasi chaos ini terus berkembang… dolar mengalami lonjakan tajam… Gelombang ketidakpuasan berkembang dan Soeharto memutuskan turun dari jabatannya.

Kini, sebelas tahun reformasi di Indonesia. Ketidakadilan kembali menggerogoti bangsa kita. Seluruh elemen bangsa pasti tidak suka dengan peradaban yang carut marut begini. Tuhan, KAU kembali menjadi tempat untuk mengaduh dan mengeluh…… Dasar manusia, ingatnya bila membutuhkan saja.

Wong Alus

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar